Pages

Monday 26 September 2016

Arsitektur Sistem Operasi

Arsitektur Perangkat Lunak Adalah merupakan struktur-struktur yang menjadikan landasan untuk menentukan keberadaan komponen-komponen Perangkat Lunak.

Arsitektur Sistem Operasi adalah Merupakan Arsitektur perangkat lunak yang digunakan untuk membangun suatu perangkat lunak sistem operasi yang akan digunakan dalam sistem komputer.


*Berbagai Ragam Arsitektur Sistem Operasi Modern Adalah :

  1. Sistem Monolitik
  2. Sistem Virtual Mesin
  3. Sistem Berlapis
  4. Sistem Berorientasi
  5. Sistem Client / Server


  1.) Sistem Monolitik. 
Sistem Monolitik merupakan Struktur Sistem Operasi sederhana yang dilengkapi dengan operasi "dual" Pelayanan {Sistem Call} yang diberikan oleh sistem Operasi. Model Sistem call dilakukan dengan cara mengambil sejumlah parameter pada tempat yang telah ditentukan sebelumnya, Seperti Register atau Stack.


  2.) Sistem Berlapis.
Pada Dasarnya Sistem operasi berlapis dimaksudkan untuk mengurangi kompleks rancangan dan implementasi dari suatu Sistem Operasi. Contoh Sistem operasi yang menggunakan sistem ini adalah : Unix Termodifikasi , THE , Venus dan OS/2

  •  Keuntungan dari Model Struktur Sistem Operasi berlapis adalah memiliki semua keunggulan rancangan modular.
  • Kelemahan Dari Sistem ini adalah Semua Fungsi" dari Sistem Operasi harus terdapat dimasing" Lapisan
 3.) Sistem Mesin Virtual. 
Sistem Operasi Ini membuat ilusi atau Virtual untuk beberapa Proses, Masing - Masing virtual Proses mengeksekusi Prosesornya dan Memorinya ( Virtual ) Masing"

Contoh Sistem operasi yang memakai mesin virtual adalah :
IBM S/370 dan IBM VM/370

  • Keuntungan Mesin Virtual
  1. Mesin Virtual menyediakan Proteksi yang lengkap untuk sumber daya sistem sehingga masing - masing mesin virtual dipisahkan mesin virtual yang lain.
  2. Cocok untuk riset dan pengembangan sistem Operasi
  • Kerugian Konsep Mesin Virtual
  1. Sangat Sulit untuk mengimplementasikan kebutuhan dan duplikasi yang tepat pada mesin yang sebenarnya.

 4.) Sistem operasi Client Server. 
Sistem operasi modem memiliki kecendrungan untuk memindahkan kode
ke lapisan yang lebih tinggi dan menghapus sebanyak mungkin, kode-kode
tersebut dari sistem operasi sehingga akan meninggalkan keruel yang minimal.
Konsep ini biasa diimplementasikan dengan dengan cara menjadikan fungsi-
fungsi yang ada pada sistem operasi menjadi user proses.



Keuntungan dari model client server ini antara lain adalah sebagai berikut:
1.)Dapat diadaptasikan pada sistem terdistribusi.
2.) Jika suatu client berkomunikasi dengan server dengan cara mengirimkan pesan, maka server tidak perlu tahu apakah pesan itu dikirim oleh dan dari mesin itu sendiri {local} atau dikirim oleh mesin yang lain melalui jaringan.
3.)Pengembangan dapat dilakukan secara modular.

 5.) Sistem Berorientasi Obyek.
Layanan Sistem operasi sebagai kumpulan proses untuk menyelesaikan
pekerjaannya, yang sering disebut dengan system operasi bermodel proses,
sedangkan layanan system operasi sebagai objek disebut dengan system
operasi berorentasi objek. Pendekatan objek dimaksudkan untuk mengadopsi
keunggulan dari teknolgi berorientasi objek.
Contoh dari system operasi berorentasi objek antara lain adalah: 
1) Eden 2) Choices 3) X-kernel. 4) Medusa. 5) Clunds. 6) Amoeba. 7) Muse. 8) Sistem operasi MS-Windows NT mengadopsi beberapa teknologi berorientasi objek tapi tidak secara keseluruhannya.

No comments:

Post a Comment